Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada lapisan bagian dalam dari lambung atau pada usus yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada saluran pencernaan. Penyebab utama dari tukak lambung adalah infeksi dari bakteri Helicobacter pylori. Penyebab lainnya adalah obat anti radang non steroid yang dikonsumsi dalam jangka panjang serta merokok. Stress dan sering mengkonsumsi alkohol yang berlebihan bukan menjadi penyebab, tetapi dapat memperburuk kondisi tukak yang sudah ada.

Bakteri Helicobacter pylori adalah bakteri yang mempunyai sifat tahan terhadap asam lambung. Bakteri ini hidup dan berkembang biak pada makanan dan air minum yang tidak dimasak dengan benar. Pada sebagian penderita tukak lambung, mereka terinfeksi bakteri Helicobacter pylori sejak kanak-kanak namun gejalanya akan muncul beberapa puluh tahun kemudian.

Gejala Tukak Lambung

  • Rasa Perih di perut, kembung dan sering bersendawa.
  • Rasa terbakar atau panas dan nyeri pada perut dan terasa pada bagian pusar hingga ke tulang payudara dan rasa ini akan muncul saat perut kosong yaitu pada selang antara makan siang dan makan malam.
  • Pada tukak lambung akan muncul rasa nyeri 30-60 menit setelah makan, yakni ketika seluruh makanan sudah meninggalkan lambung.
  • Merasakan mual dan muntah.

Sebaiknya jika tengah menderita tukak lambung seperti yang telah dijelaskan, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar segera diberikan obat untuk membunuh kuman Helicobacter pylori. Selain obat, dianjurkan pula adanya perubahan pola makan dan gaya hidup. Hindarilah makanan yang pedas dan minuman yang bersoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *