10 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

10 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong – Makan makanan sehat pada waktu yang tepat sangatlah penting. Menurut studi, ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi pada saat perut sedang kosong. Salah satu alasanya karena makanan-makanan ini mengandung asam dan zat yang dapat merusak lapisan usus sehingga akan mengakibatkan infeksi pada perut dan masalah kesehatan lainnya.

pisang
Image via : Boldsky.com

Salah satu makanan yang harus dihindari atau tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong adalah pisang. Jika anda sedang diet buah-buahan, dan tiap harinya selalu mengkonsumsi buah 3 kali sehari, lebih baik mulailah dulu dengan minum segelas air putih kemudian setelah itu anda bisa langsung makan buah-buahan yang menjadi menu diet anda.

Baca juga : Hindari Makanan Ini Agar Asam Lambung Tidak Naik

Selain itu, teh dan kopi harus dibatasi pada saat perut sedang kosong. Nah, berikut adalah beberapa makanan dan hal-hal yang tidak boleh dikonsumsi atau dimakan saat perut kosong, selengkapnya silahkan bisa anda lihat daftarnya di bawah ini.

1. Soda

  • Soda tinggi akan asam berkarbonasi dan bila tercampur dengan asam lambung akan menyebabkan masalah kesehatan seperti mual dan ketidaknyamanan perut yang lama.

2. Tomat

  • Ketika tomat dikonsumsi pada saat perut kosong, kandungan asamnya akan bereaksi dengan asam pencernaan dalam perut untuk membuat gel larut yang kemudian dapat menyebabkan perut kalkulus, juga dikenal sebagai ‘perut stones’.

3. Obat-obatan

  • Ada alasan mengapa dokter tidak menyarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan pada saat perut kosong. Ketika obat dikonsumsi saat perut belum terisi apa-apa, maka itu akan mengesalkan lapisan perut dengan asam lambung yang pada gilirannya terciptalah ketidakseimbangan dalam tubuh.

4. Alkohol

  • Ada sebagian orang yang sering menikmati minuman beralkohol pada saat perut sedang kosong. Itulah cara tepat dan cepat untuk meracuni tubuh. Disisi lain, apakah anda mengetahui bahwa bahan-bahan yang hadir dalam alkohol bisa membakar lapisan usus ketika tidak terlebih dahulu mengkonsumsi makanan.

5. Makanan Pedas

  • Ketika hampir semua orang menyukai makanan pedas, disisi lain ketika anda mengkonsumsi makanan ini pada saat perut kosong sangatlah tidak baik. Ini akan bereaksi dengan lapisan perut yang menyebabkan asam dan kram pada perut.

6. Kopi

  • Salah satu minuman berbahaya yang apabila dikonsumsi saat perut kosong adalah kopi. Kehadiran kafein dalam kopi ini sangat tidak baik untuk perut. Ada baiknya, minumlah dulu segelas air putih sebelum meneguk kopi kemudian.

7. Teh

  • Sama halnya seperti kopi, teh juga sangat tidak baik untuk menjadi minuman yang recomended dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong. Teh memiliki tingkat asam lebih tinggi yang akan mempengaruhi lapisan lambung.

8. Yoghurt

  • Bahan-bahan ini sangatlah segar dan sehat, tetapi lain halnya ketika yoghurt dikonsumsi saat perut anda kosong. Bakteri baik yang hadir di dalamnya akan bereaksi dengan lapisan jus sehingga menyebabkan perut menjadi marah.

9. Pisang

  • Makan pisang saat perut sedang dalam kondisi kosong akan tiba-tiba meningkatkan magnesium dalam tubuh dan akan merusak keseimbangan antara magnesium dan kalsium dalam darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi yoghurt sangat tidak dianjurkan ketika perut anda dalam kondisi kosong belum terisi apa-apa.

10. Ubi Jalar

  • Apakah anda tahu bahwa ubi jalar mengandung Tanin dan Pektin, yang akan merangsang dinding perut untuk mengeluarkan lebih banyak asam pada lambung anda dan nantinya akan menyebabkan mulas.

Kunjungi : Kenali sejak dini ciri-ciri dari Penyakit Maag pada Anak

Itu dia deretan makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut sedang dalam kondisi kosong, karena pada umumnya apabila tidak dihindari oleh anda akan mengakibatkan sakit perut dan juga mulas. Apabila ada referensi makanan lain, silahkan bisa anda kasih tahu kami di kolom komentar yang berada di bawah artikel, Terimakasih 🙂

Posted by : Obat Maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *