Hindari Makanan Ini Agar Asam Lambung Tidak Naik

Hindari Makanan Ini Agar Asam Lambung Tidak Naik – Penyakit asam lambung atau GERD merupakan masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Situasi seperti ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal dengan kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus. Dan sekarang, bagi anda yang tidak mau asam lambungnya gampang naik, segeralah Hindari Makanan Ini Agar Asam Lambung Tidak Naik.

peppermint
Gambar Peppermint

Peppermint
Selain bersifat menenangkan, peppermint dapat digunakan untuk mengurangi gangguan pencernaan. Tetapi bagi penderita asam lambung, peppermint dapat memicu nyeri dada. Hal itu dikarenakan peppermint dapat melemaskan otot yang memungkinkan cairan asam lambung meningkat dan memperburuk penyakit ini.

Cokelat
Walaupun rasanya sungguh mantap dan manis, cokelat mengandung asam yang sangat tinggi. Tidak hanya asam, ternyata cokelat juga mengandung kafein dan lemak yang berpotensi menyebabkan refluks. Dark chocolate lebih sehat dan aman dikonsumsi karena mengandung antioksidan tinggi dan tidak mengandung gula. Dibandingkan dengan cokelat susu yang mungkin memicu gejala lebih parah pada penderita refluks.

Lihat juga : Tips Mengobati Penyakit Maag

Kopi
Jenis minuman yang harus dihindari para penderita asam lambung adalah minuman berkafein. Karena kafein dapat menimbulkan sekresi asam lambung sehingga produksi asam lambung meningkat. Efeknya berupa rasa mual dan ingin muntah segera setelah meminumnya.

Makanan Berlemak
Makanan berlemak identik dengan gorengan karena dimasak dengan minyak banyak sehingga mengandung lemak tinggi. Gorengan adalah salah satu makanan penyebab naiknya asam lambung dan mempunyai efek nyeri dada. Selain itu, minyak yang digunakan untuk menggoreng berkali-kali juga mengandung zat radikal bebas seperti peroksida dan epioksida yang bersifat mutagen dan karsinogen yang memicu penyakit kanker.

Makanan Pedas
Makanan pedas merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita GERD. Para ilmuwan kesehatan menunjukan bahwa makanan pedas tidak mempengaruhi tekanan karena sfingter esofagus tertutup. Walaupun tidak mempengaruhi tekanan gastrik, makanan pedas dapat membuat kerongkongan teriritasi.

Semoga bermanfaat yaah informasinya 😉

Hindari Makanan Ini Agar Asam Lambung Tidak Naik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *